Sabtu, 21 Desember 2013

Review Mata Kuliah Antropologi Komunikasi - Pengamatan Komunikasi Kelompok (Komunitas)

Antropologi dan Komunikasi

Saya mengamati masyarakat dimana mereka tergabung dalam komunitas pecinta klub sepak bola Manchester United yang berada di Indonesia yang disebut United Indonesia. United Indonesia merupakan komunitas yang sudah didirikan sejak  tanggal 20 Agustus 2006. Komunitas ini memiliki slogan yang berbunyi ‘Be United! Be Social!’ yang dibuat untuk lebih peduli terhadap sesama dan berada dalam keseimbangan.

Menurut hasil pengamatan, baik secara langsung maupun yang kami lihat di internet, kegiatan yang diselenggarakan oleh United Indonesia sangat banyak. Ragam kegiatan yang sering diselenggarakan antara lain, gathering Nasional dan Regional, olahraga bersama, hingga nonton film di bioskop atau mengadakan touring. Kegiatan lain yang diadakan United Indonesia adalah bermain futsal bersama. Olahraga futsal sesama anggota United Indonesia dan juga fans Manchester United lainnya diadakan setiap pekan. Kini, hampir semua wilayah United Indonesia memiliki tim futsal.

Kemudian, United Indonesia juga mengadakan acara sosial yaitu dengan mengumpulkan dana, buku, seragam sekolah, alat tulis dan lainnya,untuk kepedulian nasib pendidikan dan anak-anak Indonesia dengan menjual gelang merah sebagai tanda solidaritas yang dinamai kegiatan “Gelang Merah”. Dalam kegiatan tersebut, mereka bekerjasama dengan Yayasan Tunas Cendikia yang bergerak dalam bidang sosial dan pendidikan sehingga untuk anak-anak yang kurang mampu dapat menjalani kehidupan sekolah yang layak. Kemudian selain bergerak cukup aktif dibidang sosial bagi pendidikan, United Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam membantu warga yang mengalami musibah banjir serta bencana alam lainnya. Sumbangan berupa uang, makanan-minuman, obat-obatan, dan pakaian telah dilakukan. Begitu pula saat bulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan ”Sahur on The Road”, dengan membagi-bagikan makanan dan minuman untuk sahur bagi mereka yang membutuhkan.

Banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh united Indonesia, komunitas ini juga mempunyai banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat ketika menjadi anggota member. Menurut hasil wawancara dengan Gery Airlangga, salah satu anggota United Indonesia, banyak sekali keuntungan yang di dapat dari keanggotaan United Indonesia ini. Selama 3 tahun ia menjadi anggota, ia mendapat banyak sekali informasi lebih banyak mengenai klub Manchester United, baik berita tentang para tim dan pemainnya, lokasi nonton bareng, serta jual beli jersey yang bagus dan berkualitas. United Indonesia mempunyai merchandise resmi yang diperuntukan bagi anggota United Indonesia serta program dan promo yang merupakan kerjasama dengan berbagai pihak seperti sponsorship di event resmi United Indonesia yang mana anggota akan mendapatkan berbagai fasilitas.

Banyaknya anggota dari United Indonesia menyebabkan mereka mempunyai beberapa region atau wilayah yang disebut dengan chapter. Masing-masing chapter mempunyai markas tersendiri untuk mereka dapat berkumpul untuk bertemu atau nonton bareng. Untuk wilayah regional Jakarta, markas besar United Indonesia terletak di rumah makan, Je Mache yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan.

Keanggotaan dari United Indonesia ini cukup mudah. Keanggotaan tersebut terdiri atas dua paket. Paket pertama atau full package, dimana calon anggota membayar Rp 150.000 sudah dapat menjadi anggota selama dua tahun dan mendapatkan 1 Tshirt Member, 1 ID Card, 1 Casing & Tali ID Card, 1 Sticker. Kemudian paket kedua atau half package, calon anggota hanya membayar Rp 50.000 selama dua tahun sudah bisa mendapatkan 1 ID Card dan 1 Sticker sehingga tidak heran banyak pecinta Manchester United yang mau menjadi anggota United Indonesia tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar