Antropologi
dan Komunikasi
Saya mengamati masyarakat dimana mereka tergabung dalam komunitas pecinta klub sepak
bola Manchester United yang berada di
Indonesia yang disebut United Indonesia. United Indonesia merupakan komunitas
yang sudah didirikan sejak tanggal 20
Agustus 2006. Komunitas ini memiliki slogan yang berbunyi ‘Be United! Be
Social!’ yang dibuat untuk lebih peduli terhadap sesama dan berada dalam
keseimbangan.
Menurut
hasil pengamatan, baik secara langsung maupun yang kami lihat di internet,
kegiatan yang diselenggarakan oleh United Indonesia sangat banyak. Ragam
kegiatan yang sering diselenggarakan antara lain, gathering Nasional dan Regional, olahraga bersama, hingga
nonton film di bioskop atau mengadakan touring.
Kegiatan lain yang diadakan United Indonesia adalah bermain futsal bersama.
Olahraga futsal sesama anggota United
Indonesia dan juga fans Manchester United lainnya diadakan
setiap pekan. Kini, hampir semua wilayah United
Indonesia memiliki tim futsal.
Kemudian, United Indonesia juga mengadakan
acara sosial yaitu dengan mengumpulkan dana, buku, seragam
sekolah, alat tulis dan lainnya,untuk kepedulian nasib pendidikan dan anak-anak
Indonesia dengan menjual gelang merah sebagai tanda solidaritas yang dinamai
kegiatan “Gelang Merah”. Dalam kegiatan tersebut, mereka bekerjasama dengan
Yayasan Tunas Cendikia yang bergerak dalam bidang sosial dan pendidikan sehingga
untuk anak-anak yang kurang mampu dapat menjalani kehidupan sekolah yang layak.
Kemudian selain bergerak cukup aktif dibidang sosial bagi pendidikan, United
Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam membantu warga yang mengalami musibah
banjir serta bencana alam lainnya. Sumbangan berupa uang, makanan-minuman,
obat-obatan, dan pakaian telah dilakukan. Begitu pula saat bulan Ramadhan
dengan melakukan kegiatan ”Sahur on The Road”, dengan membagi-bagikan makanan
dan minuman untuk sahur bagi mereka yang membutuhkan.
Banyaknya
kegiatan yang dilakukan oleh united Indonesia, komunitas ini juga mempunyai
banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat ketika menjadi anggota member.
Menurut hasil wawancara dengan Gery Airlangga, salah satu anggota United
Indonesia, banyak sekali keuntungan yang di dapat dari keanggotaan United
Indonesia ini. Selama 3 tahun ia menjadi anggota, ia mendapat banyak sekali
informasi lebih banyak mengenai klub Manchester
United, baik berita tentang para tim dan pemainnya, lokasi nonton bareng,
serta jual beli jersey yang bagus dan
berkualitas. United Indonesia mempunyai merchandise
resmi yang diperuntukan bagi anggota United Indonesia serta program dan promo
yang merupakan kerjasama dengan berbagai pihak seperti sponsorship di event
resmi United Indonesia yang mana anggota akan mendapatkan berbagai fasilitas.
Banyaknya
anggota dari United Indonesia menyebabkan mereka mempunyai beberapa region atau
wilayah yang disebut dengan chapter.
Masing-masing chapter mempunyai
markas tersendiri untuk mereka dapat berkumpul untuk bertemu atau nonton
bareng. Untuk wilayah regional Jakarta, markas besar United Indonesia terletak
di rumah makan, Je Mache yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan.
Keanggotaan
dari United Indonesia ini cukup mudah. Keanggotaan tersebut terdiri atas dua
paket. Paket pertama atau full package,
dimana calon anggota membayar Rp 150.000 sudah dapat menjadi anggota selama dua
tahun dan mendapatkan 1 Tshirt Member, 1 ID Card, 1 Casing & Tali ID Card,
1 Sticker. Kemudian paket kedua atau half
package, calon anggota hanya membayar Rp 50.000 selama dua tahun sudah bisa
mendapatkan 1 ID Card dan 1 Sticker sehingga tidak heran banyak pecinta
Manchester United yang mau menjadi anggota United Indonesia tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar