Sabtu, 21 Desember 2013

Summary Panelis Research Day

Pada tanggal 11 desember lalu, diadakan acara Research day oleh pihak universitas paramadina yang juga merupakan acara tahunan oleh paramadina. Dalam acara ini terdapat panelis yang masing-masing mempresentasikan hasil karyanya yang terbagi kedalam beberapa kategori seperti Budaya, Islam, dan Sejarah; Teknologi dan Komunikasi; Ekonomi dan Bisnis; Politik dan Kepemimpinan; dan Artikel Populer dari Staf dan Dosen. Berikut adalah summary salah satu panelis dalam Research Day ini;

Nama Panelis              : Wahyutama
Judul Penelitian          : Penggunaan Social Media oleh Jurnalis

1.            Hal yang menarik dalam presentasi yang dilakukan oleh panelis adalah:
a.       47% jurnalis di Indonesia ternyata aktif mengkontribusikan informasi di dunia maya sedangkan yang hanya mengumpulkan informasi saja sebesar 53%
b.      Twitter adalah social media yang paling sering digunakan oleh jurnalis dalam mengumpulkan informasi di Indonesia
c.       Sebanyak 9,6% wartawan di Indonesia merujuk pada berita yang ada di social media. Prosentasi ini merupakan prosentasi yang paling sedikit dibandingkan yang lain, hal ini menunjukkan bahwa walaupun social media sering dipakai oleh jurnalis untuk mengumpulkan berita tetapi pada saat mereka ingin menuliskan berita tersebut kepada khalayak (publish) mereka lebih cenderung untuk melihat rujukan berita di situs-situs yang memang sudah terpercaya (sebagai contoh situs berita seperti detikom, Antara, dll).

2.  Kelebihan : Menurut panelis, kelebihan dari penelitian ini adalah tema yang diangkat masih baru, yakni social media di dunia jurnalistik sehingga masih banyak yang dapat digali menjadi penelitian lebih lanjut.
Kekurangan : Kekurangan dari penelitian ini adalah kurangnya konstruksi teori yang kuat yang dapat melandasi berbagai penemuan yang ada dilapangan. Karena penelitian ini termasuk penelitian yang baru dilakukan, sehingga belum banyaknya teori yang dapat mendasari penemuan sehingga tidak dapat diangkat lebih jauh. Menurut panelis, penelitian ini adalah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh pihak akademik sehingga akan butuh banyak teori untuk mendukungnya.

3.  Suka duka dari penelitian ini menurut panelis adalah dengan banyaknya pengalaman unik yakni karena penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara pihak Universitas Paramadina dengan pihak agency PR yakni Maverick maka terdapat perbedaan gaya bekerja. Pihak maverick yang merupakan sebuah agency lebih mempunyai gaya bekerja yang cenderung cepat dan dinamis, selain itu SDM yang disediakan oleh paramadina yakni mahasiswa yang magang untuk membantu untuk penelitian ini memiliki banyak karakter yang ada yang berkontribusi dan ada yang sama sekali tidak berkontribusi sehingga menghambat kinerja serta target yang diharapkan dapat dicapai oleh penelitian ini.
Kemudian ketika dilapangan, jurnalis sebagai target untuk diminta keterangan mengenai penelitian ini apabila belum terjalin hubungan yang akrab aka menyulitkan mengingat banyak jadwal yang bertabrakan dengan jadwal kerja jurnalis tersebut sehingga kegiatan pengumpulan data yang dilakukan terhambat.

4.   Berdasarkan wawancara tersebut, yang bisa saya simpulkan jika melakukan penelitian ilmiah adalah dalam melakukan penelitian ilmiah peneliti akan mendapat banyak kendala yang harus dihadapi oleh peneliti, diantaranya adalah narasumber yang susah ditemui karena jadwal yang bentrok, pihak yang ingin membantu yang kurang kooperatif dan mungkin kendala mengenai pemenuhan teori yang mendasari penelitian yang akan kita lakukan. Kemudian terkadang banyaknya teori yang tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan juga dapat menjadi kendala karena nantinya penelitian kita akan hilang titik fokusnya atau malah akan diragukan karena dinilai penelitian tersebut tidak dapat dibuktikan dengan pembuktian teori karena pada dasarnya penelitian ilmiah adalah penelitian yang harus menggunakan teori sebagai landasan dari apa yang terjadi dilapangan tersebut. Sehingga menurut saya penelitian ilmiah adalah penelitian yang susah-susah gampang. Gampang karena apabila kita sudah tahu apa yang ingin mau kita teliti dan susah apabila penelitian tersebut berbenturan dengan kenyataan yang ada, baik dilapangan maupun kendala-kendala yang lainnya. 


0 komentar:

Posting Komentar